Belajar Menggunakan Quizizz Semakin Asik
Belajar Menggunakan Quizizz Semakin Asik
Oleh : Bhramono Adhi Cahyo Wibowo, S.Pd.

Quizizz merupakan sebuah platform yang memungkinkan Guru untuk membuat pelajaran dan kuis secara daring. Platform ini bisa menjadikan proses pembelajaran lebih menarik karena terdapat kuis interaktif didalamnya. Dewasa ini penggunaan paltform ini menjadi populer dikalangan guru dan siswa. Hal ini disebabkan penggunaannya yang mudah tanpa harus mengunduhnya pada gawai peserta  didik. Serta tidak adanya jumlah batasan bagi guru untuk membuat kuis, memudahkan guru bebas membuatnya.

Quizizz sangat mudah untuk dibuat. Kita hanya perlu membuat akun lewat google untuk join menjadi admin. Kemudian setelah kita mempunyai akun, kita bisa langsung membuat kuis interaktif didalamnya.

Ada beberapa pilihan jika kita akan membuat kuis interaktif. Kita bisa membuat soal pilihan ganda, mencocokan soal, essay maupun isian singkat. Pembuatan soal didalamnya, tergantung kreatifitas kita sendiri. Jika kita sudah memilik kumpulan soal dan jawabannya, maka akan lebih mudah bagi  kita dalam membuat soal.

Jika kita ingin memulai membuat soal pada quizizz, caranya cukup mudah. Pertama kita ketik quizizz pada google, pilih join sebagai admin. Setelah itu pilih buat, pilih bentuk penilaian, bisa memilih pilihan ganda, isi bagian kosong, pemahaman dan lain-lain. Jika kita ingin memilih soal bentuk pilihan ganda, maka klik pilihan ganda. Kemudian ketik soal yang akan kita buat, sertakan pula bentuk pilihan gandanya, lalu pilih jawaban yang benar dari soal tersebut, kemudian klik simpan. Dalam soal yang kita buat, kita bisa mengatur, apakah soal yang kita buat akan diacak atau tidak. Kemudian kita bisa mengatur memperlihatkan jawaban yang benar jika siswa sudah menjawab soal yang kita buat.

Setelah kita membuat soal, ada beberapa cara yang bisa lakukan untuk membagikan soal ke siswa, yaitu sebagai berikut.

  1. Model kuis langsung

          Cara model langsung memungkinkan guru  bisa mengatur kapan akan memulai sebuah kuis. Guru cukup memencet soal yang  telah dibuat, kemudian  pilih model kuis langsung dan memilih model klasik. Setelah itu guru  bisa langsung  membagikannya ke siswa. Cara pertama kita cukup klik link share kemudian  dibagikan melalui WA grup, google classroom dan lain-lain. Cara kedua guru cukup memperlihatkan kode kuis tersebut pada siswa, yang diperlihatkan melalui layar LCD atau cukup menuliskannya di papan tulis kelas.

        Cara login untuk siswa juga sangat mudah. Siswa cukup memencet link yang dibagikan oleh guru, lalu menulis nama siswa tersebut. Siswa juga bisa memasukan kode kuis yang dibagikan, dengan cara ketik quizizz pada google lalu plih enter kode kuis, lalu tulis nama siswa.

Siswa yang sudah bergabung, maka akan muncul pada layar LCD  maupun gawai guru. Guru juga bisa melihat nama-nama yang sudah bergabung dalam room kuis. Setelah semua siswa bergabung, guru tinggal klik start atau mulai. Saat kuis berlangsung, pada fitur hasil  guru bisa memantau hasil jawaban dari siswa, mana yang jawaban benar atau salah serta bisa melihat peringkat sementara dari keseluruhan siswa. Jika waktu yang diberikan guru sudah selesai, maka guru bisa mengeklik end game atau akhiri dan kuis dianggap selesai, setelah itu pada tampilan layar akan tertera peringkat tiga besar dari semua peserta kuis.

 

 

  1. Model kuis Tugaskan

 

        Pada model ini, langkahnya sama dengan cara pertama. Perbedaan dengan cara pertama yaitu pada model kuis tugaskan, guru hanya perlu membagikan link maupun kode kuis ke siswa. Kuis ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan rumah. Waktu mengerjakan pada model ini hanya berlaku untuk 1X24 jam. Jadi link atau kode kuis akan hangus jika dalam tenggat waktu tersebut. Jika ada siswa yang belum mengerjakan dalam selang waktu tersebut, maka tidak akan bisa untuk join kuis, dan harus membutuhkan link atau kode yang baru.

 

  1. Model kertas

 

       Model quizizz ini termasuk baru. Model kertas sangat cocok digunakan bagi sekolah-sekolah yang melarang siswa-siswinya membawa gawai.  Cara melakukannya cukup mudah. Langkah pertama adalah guru cukup masuk kedalam akun quizizz, kemudian pilih soal yang akan dibagikan. Langkah selanjutnya pilih mode kertas. Kemudian cetak QR/ barcode, cetak kertas QR tersebut dan sesuaikan dengan jumlah siwa yang mengikuti kuis dan sesuaikan dengan nomor absen siswa.  Kode QR paling maksimal berjumlah 60 kode. setelah itu guru langsung bisa mendistribusikannya ke siswa dan disesuaikan dengan nomor urut absen dan kode QR. Kemudian guru juga harus mengunduh aplikasi quizizz lewat gawai yang berfungsi untuk memindai jawaban dari siswa. Guru juga wajib login dengan akun yang sama dengan akun yang guru login pada laptop. Kuis bisa langsung dimulai dengan soal yang  ditampilkan melalui layar LCD, dengan mengklik start pada laptop dan juga pada gawai guru.

 

       Cara siswa mengerjakan quizizz mode kertas juga cukup mudah. Setelah guru membagikan kertas berisi kode QR, maka ketika kuis dimulai, siswa cukup memutar-mutar/ membalikan  kertas yang telah dibagikan. Kemudian setalah siswa mengerjakan soal pertama, maka guru harus memindai kode QR yang telah dijawab siswa. Begitu pula seterusnya. Setelah semua soal dijawab, maka guru bisa langsung mengeklik end game dan kuis akan berakhir. Kemudian guru bisa melihat hasilnya pada fitur hasil.

 

Menarik bukan, belajar menggunakan quiziziz? Di era yang serba teknologi ini, sebagai seorang pendidik  harus bisa mengikuti perkembangan jaman. Pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran, akan menjadikan pembelajaran akan semakin menarik dan asik.