Bidang Studi Keahlian     : Teknologi dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Geologi Pertambangan
Kopetensi Keahlian          : Geologi Pertambangan

  1. Geologi Pertambangan
    Program Studi Geologi Pertambangan mengemban tugas dan fungsi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam bidang Geologi Pertambangan serta mengembangkan potensi siswa-siswi yang berprestasi, profesional dan berwawasan lingkungan. Menyadari potensi dan kekayaan alam di Indonesia memiliki potensi tambang yang sangat melimpah. Lulusan jurusan ini diproyeksikan untuk mengisi tenaga kerja disemua sektor industri pertambangan di Indonesia.SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen merupakan satu-satunya jurusan yang ada di Jawa Tengah. Dalam kedudukanya sebagai Sekolah Menengah Kejuruan yang mandiri. Program Studi Geologi Pertambangan merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertanggung jawab menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, kecakapan, keterampilan dalam pengembangan/ penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Program Studi Geologi Pertambangan adalah salah satu program pendidikan yang mempelajari dan pengembangan terkait dengan proses dinamika bumi, sejarah pembentukan bumi, bentuk bumi, material penyusun bumi, geologi terapan, paleontologi, ilmu batuan/ petrologi, ilmu mineral &kristalografi, ilmu ukur tanah, eksplorasi bahan tambang, bahan galian indonesia, geologi teknik (Geotek), teknik peledakan dan pemboran, teknik pemetaan (pemetaan geologi & topografi), dan dasar-dasar managemen usaha kecil (include di KWU).Adanya kerja sama disektor industri pertambangan semakin diperluas diharapkan siswa-siswi didik kami dapat memenuhi kebutuhan (market) tenaga kerja. Pembekalan skill/keterampilan tidak hanya diajarkan dalam ruang lingkup sekolahan saja akan tetapi langsung terjun ke dunia kerja disektor industri pertambangan , dengan program kurikulum Paktek Kerja industri. Praktek kerja industri (Prakrin) didukung dengan kerja sama beberapa perusahaan besar yang ada di Indonesia (PT. SAF, PT Indosemen, PT. Holcim Cilacap, CV. Tiga Bersaudara, CV Biru Langit, PT. Semen Bima, LIPI Karangsambung, LIPI Bandung, Musium Bandung, BMKG Yogjakarta, Vulkanologi Yogjakarta, BP Migas Cepu, PT. Global Mining Kalimantan, PT MSJ Samarinda, Pertamina Prabumulih Sumatera, Sub Kontraktor Tambang Emas Garut Jawa Barat.)
  2. FASILITAS
    Pada saat ini Program Studi Geologi Pertambangan telah mimiliki sarana dan prasaraan untukmencukupi kebutuhan praktek lapangan siswa, dan didukung oleh Pamong guru yang berpengalaman di industri pertambangan.
  3. PROSPEK LULUSAN
    Lulusan Geologi Pertambangan dapat bekerja di bebagai perusahaan pertambangan, jasa konsultan sipil, dan semua sektor industri.
  4. SUSUNAN PENGURUS ORGANISASI
    Susunan pengurus JURUSAN GEOLOGI PERTAMBANGAN sebagai berikut:1. Penanggung Jawab : Muhadisin, M.Pd
    2. Ketua Jurusan : Aris Habibi, ST
    3. Bendahara : Agung Widodo Isnaeni, S.Pd
    4. Sekretaris : Furi Tri asih, ST
    5. Asistan Bengkel : Rafi Budiman
  5. BIDANG USAHA
    Potensi yang dimiliki SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen baik berupa sumber daya manusia maupun fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk memproduksi jasa yang dapat dipasarkan. Kegiatan Unit Produksi merupakan suatu usaha terobosan menuju SMK yang mandiri, dalam arti dapat meningkatkan pendapatan agar dapat membiayai proses pemelajaran, guna lebih meningkatkan mutu lulusan.
  6. STANDAR KOMPETENSI JURUSAN
  1. Memahami konsep ilmu geologi.
  2. Memahami dasar-dasar survei geologi lapangan.
  3. Mengaplikasikan ilmu kristal dan mineral.
  4. Memahami batuan.
  5. Memahami makro fosil.
  6. Memahami mikro fosil dan teknik penyajian fosil
  7. Menjelaskan dasar-dasar ilmu ukur tanah.
  8. Mengaplikasikan ilmu pengukuran tanah dan penentuan berbagai posisi dengan berbagai metoda.
  9. Melakukan pemetaan geologi dengan kompas langkah dan meja datar.
  10. Melakukan pemetaan geologi detil.
  11. Memahai bahan galian.
  12. Menetapkan pemboran.
  13. Mengaplikasikan pemboran lubang tembak (blast hole drilling).
  14. Mengaplikasikan petrografi.
  15. Memahami dasar-dasar management usaha kecil.
  16. Memahami peluang usaha hasil tambang bahan galian konstruksi dan industri.
  17. Menerapkan sistem penambangan terbuka.
  18. Menerapkan sistem penambangan bawah permukaan (underground).
  19. Menerapkan teknik peledakan.
  20. Menerapkan teknik eksplorasi bahan galian.
  21. Memahami reklamasi daerah bekas tambang.